Selamat datang di Blog kami semoga bermanfaat

Rabu, 25 Januari 2012

Sehat Sate Jamur

Menu Makanan Sehat Sate Jamur


Menu Makanan Sehat Sate JamurAneka makanan olahan jamur kini semakin mewabah seiring meningkatnya minat dan permintaan masyarakat akan jamur konsumsi. Jika awalnya jamur hanya diolah menjadi keripik atau campuran masakan sehari-hari saja, kini aneka olahannya sangat beragam mulai dari nugget, abon, sosis, burger, bakso hingga sate jamur yang ramai ditawarkan beberapa tempat kuliner di berbagai pelosok daerah.

Dari sekian banyak menu makanan serba jamur yang ditawarkan, sate jamur merupakan salah satu kuliner yang paling diminati konsumen. Selain rasanya yang enak, sate jamur juga lebih sehat jika dibandingkan sate ayam atau kambing yang memiliki kandungan lemak cukup tinggi. Sehingga tidak heran bila inovasi baru di bidang kuliner ini dengan mudahnya diterima pasar, karena sate jamur bebas kolesterol dan menjadi alternatif tepat bagi semua kalangan masyarakat yang menggemari sajian nikmat sate sehat.

Biasanya sate jamur yang ditawarkan di pasaran, menggunakan jamur tiram sebagai bahan utamanya. Jenis jamur tiram dipilih para pelaku usaha karena tekstur rasanya sangat mirip dengan daging ayam. Disamping itu harganya juga relatif lebih murah dan mudah ditemukan di berbagai daerah. Sehingga harga sate jamur per porsinya bisa lebih murah dibandingkan sate daging ayam atau sate kambing. Rata-rata seporsi sate jamur (berisi 5 tusuk sate) ditawarkan dengan harga Rp 7.500,00-Rp 8.000,00, harga yang sangat terjangkau untuk makanan nikmat yang kaya manfaat ini.

Nah, bagi Anda yang tertarik menekuni bisnis kuliner serba jamur, berikut ini kami informasikan resep menu makanan sehat sate jamur yang dapat Anda coba dirumah sebelum akhirnya dikembangkan menjadi peluang usaha.
Resep Membuat Sate Jamur

Bahan Sate:olahan jamur 200x150 Menu Makanan Sehat Sate Jamur
100 gram jamur tiram, potong-potong
5 buah tusuk sate

Bumbu Kacang:
50 gram kacang tanah goreng lalu dihaluskan
3 siung bawang merah, haluskan
1 siung bawang putih, haluskan
3 buah cabe merah, haluskan
3 sdm gula merah, disisir tipis-tipis
1/4 sdt garam
3 sdm minyak goreng
Air matang

Pelengkap:
Irisan sayur kol dan tomat merah

Cara Membuat :

Bumbu Kacang

Siapkan wajan. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang merah yang telah dihaluskan hingga matang dan harum.
Masukkan cabe merah, kacang tanah yang telah dihaluskan, gula merah, garam dan air. Masak hingga bumbu matang dan mengental, angkat, lalu sisihkan.

Sate Jamur

Tusukkan potongan jamur ke tusuk sate, ulangi hingga kelima tusuk sate selesai terisi
Siapkan alat bakaran, bakar sate hingga setengah matang, kemudian olesi bakaran jamur dengan bumbu kacang lalu dibakar lagi sampai kecoklatan dan benar-benar matang. Angkat, dan sisihkan
Lengkapi piring saji dengan irisan kol dan tomat, letakkan sate jamur lalu siram dengan bumbu kacang atau bisa juga menyajikannya dengan sambal kecap. Sajikan selagi hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar