Selamat datang di Blog kami semoga bermanfaat

Selasa, 21 Februari 2012

Rangkaian Lampu Neon Meja

Gambar skema Rangkaian Lampu Neon Meja beserta komponen dan cara pembuatannya
Rangkaian Lampu Neon Meja. Sebuah lampu neon terdiri dari dua elektroda yang berupa logam dan terletak di ujung-ujung sebuah tabung neon. Tabung ini sendiri berisi tiga jenis zat kimia, yakni neon, argon, atau dapat juga diisi kripton. Ketiga jenis zat itu berupa gas.Ketika kedua elektroda diberi tegangan listrik, maka elektron akan keluar dari salah satu elektioda menuju elektroda lain. Dalam perjalanannya, elektron-elektron ini akan menghantam atom-atom gas neon. Energi gas neon kemudian akan naik dalam waktu singkat untuk kemudian kembali ke keadaan semula. Selama proses kembali ke keadaan semula itu, gas neon akan memancarkan energi berupa gelombang cahaya. Cahaya inilah yang kita lihat sebagai lampu neon.
Sekarang telah tercipta Rangkaian Lampu Neon Meja. Di bawah ini bisa Anda lihat dan pelajari gambar rangkaiannya.


Rangkaian ini akan menghidupkan tabung neon 6 inci neon 4 Watt dari sebuah pasokan mA 12 volt, mengkonsumsi 300 mA. Hal ini juga mungkin didukung oleh adaptor AC / DC yang sesuai nilai universal. Keuntungan dari desain ini adalah: cahaya yang baik, konsumsi daya rendah, dan komponen yang tersedia.
Rangkaian ini didasarkan pada IC1, yang merupakan IC timer 555 dalam modus astabil.  Arus keluaran IC1 ini diperkuat oleh TR1, dan tegangan pada kolektor  melangkah ke T1, sebuah transformator listrik untuk 6-0-6 Volt . Berilah lempengan pendingin untuk TR1 dan T1.
Semoga tulisan tentang Rangkaian Lampu Neon Meja ini bermanfaat bagi Anda, hobbyist dan praktisi elektronika. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
Sumber (source) : www.zen22142.zen.co.uk/Circuits/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar